Profil Pendiri

Badiatul Muchlisin Asti (Foto: dok. JPIN)

Nama lengkap Badiatul Muchlisin Asti. Lahir di Grobogan, Jawa Tengah, 24 April. Menekuni dunia tulis menulis sejak nyantri di Pon Pest “Futuhiyyah” Mranggen, Demak, Jawa Tengah. Tulisan pertamanya dimuat di majalah Rindang (terbitan DEPAG Jateng) edisi Juni 1994. Sejak itu aktif menulis di berbagai media massa, seperti tabloid Jumat (Jakarta), Suara Merdeka (Semarang), Jaya Baya (Surabaya), Solopos (Solo), dan media-media lokal dan nasional lainnya seperti Suara Hidayatullah, Ummi, Sabili, Hidayah, Alkisah, dan lain sebagainya.

Suasana bedah buku “Para Pencuri Shalat” karya Badiatul Muchlisin Asti di gedung Rektorat Universitas Negeri Semarang (Unimus). (Foto: dok. Oase Qalbu)

Pernah meniti karir jurnalistik sebagai redaktur pelaksana hingga pemimpin redaksi beberapa media daerah dan nasional. Sejak tahun 2004, total menekuni dunia penulisan buku, walau sesekali masih menulis artikel secara lepas.

Sampai sekarang telah menulis dan menerbitkan lebih dari 40 buku, diterbitkan oleh berbagai penerbit di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang dan Solo. Pernah menjadi trainer jurnalistik di berbagai lembaga pelatihan, di antaranya di Lembaga Pendidikan Wartawan Islam (LPWI) Ummul Quro dan Lembaga Pelatihan Penulisan dan Penerbitan Buku (LP3B). Dan telah mengisi puluhan event pelatihan, workshop, bedah buku, dan lain sebagainya, yang berkaitan dengan penulisan jurnalistik dan penerbitan buku, maupun yang lainnya, yang diselenggarakan oleh sekolah, kampus, pesantren, karang taruna, ormas, maupun lainnya.

Saat mengisi bedah buku karyanya “Saat Kuncup Cinta Mekar di Hati” di kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes). (Foto: dok. Oase Qalbu)

Mendirikan penerbitan sendiri sejak tahun 2010 dengan bendera penerbit Oase Qalbu Group. Juga menjadi pendiri dan ketua umum Yayasan Mutiara Ilma Nafia di Grobogan yang bergerak di bidang pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat. Melalui Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN) yang didirikannya, ia bermimpi ikut andil dan memberi kontribusi bagi lahirnya penulis-penulis profesional, cerdas, dan visioner, demi tegak dan kokohnya peradaban bangsa.

Profil kepenulisannya pernah dua kali dimuat di Jawa Pos Radar Kudus maupun di Majalah Gema Bersemi (terbitan Humas Pemkab Grobogan).*

Saat bedah buku karyanya “Gurita Pornografi” di sebuah pameran buku di sebuah swalayan. (Foto: dok. Oase Qalbu)

Saat bedah buku karyanya “Saat Tiba Kelahiran si Buah Hati” di TBM Sahabat Pintar Kudus. (Foto: dok. Pribadi)

Saat mengisi sebuah acara bincang kepenulisan yang diadakan oleh sebuah organisasi kepenulisan, bersama pembicara lainnya, yakni Joko Syahban (penulis, eks wartawan Gatra). (Foto: dok. GPNP).

Mengisi pelatihan menulis artikel yang diadakan DKC Kwarcab Pramuka Kab. Grobogan. (Foto: dok. DKC Grobogan).

3 Responses to Profil Pendiri

  1. Salam Pramuka ! Setuju banget jika Pramuka diajari untuk menulis…..

  2. universitas negeri semarang kok disingkat unimus. ndak unnes. unimus kan universitas muhammadiah semarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s