Tentang JPIN

Gempita literasi, geliat gairah berkarya melalui pena, yang menyala di jiwa segenap elemen generasi bangsa, musti diapresiasi dan didinamisasi, agar mampu membuncahkan karya-karya cemerlang yang akan ikut mengokohkan sendi-sendi peradaban bangsa. Dengan spirit itulah, diinisiasi lahirnya sebuah wadah atau komunitas penulis Indonesia bernama Jaringan Pena Ilma Nafia atau disingkat J P I N.

Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN) adalah alternatif wadah silaturahmi bagi para penulis dan calon penulis dari seluruh penjuru nusantara yang ingin mengokohkan eksistensi dan meningkatkan produktifitas serta profesionalitasnya di bidang penulisan. Tiga tujuan utama JPIN adalah:

  • Wadah komunikasi, silaturahmi, koordinasi, dan sinergi para penulis di seluruh nusantara.
  • Wadah pengembangan, pembinaan, dan pemberdayaan di bidang jurnalistik, penulisan kreatif (creative writing), dan dunia literasi secara luas.
  • Wadah pelayanan informasi di bidang penulisan, media massa, penerbitan, dan dunia baca.

Awalnya, JPIN eksis di dunia maya, terutama di jejaring sosial facebook. Kemudian dengan pertimbangan ingin lebih meningkatkan partisipasinya dalam pengembangan dunia literasi tanah air, akhirnya digagas perlunya JPIN bermetamorfosis menjadi wadah pemberdayaan penulis di dunia nyata yang berskala nasional.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s