Event Antologi Puisi Peduli Bencana JPIN 2014, DL 28 Februari 2014

jpin peduli bencanaBencana demi bencana seperti tak usai menyapa negeri ini. Di tengah suhu politik yang makin panas menjelang perhelatan politik 2014 (pileg dan pilpres), bencana demi bencana bertubi menghantam negeri ini. Banjir di berbagai daerah, longsor, dan erupsi Gunung Sinabung, serta kini, Gunung Kelud meletus dengan letusan yang amat dahsyat.

Tergerak untuk membangkitkan kepedulian, Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN), sebuah wadah pemberdayaan penulis dan calon penulis Indonesia, berinisiatif mengadakan Event Antologi Puisi Peduli Bencana 2014, dengan tujuan utama menggalang dana yang akan disalurkan kepada para korban bencana sekaligus mendokumentasikan bencana dalam sebuah buku antologi puisi.

JPIN mengundang para penulis, baik yang sudah tergabung sebagai member resmi JPIN maupun yang belum, untuk mengikuti event kepedulian ini sebagai kontributor, dengan ketentuan:   

1. Kontributor mengirim maksimal dua puisi bertema “Bencana”, baik dengan latar belakang bencana banjir, erupsi Gunung Sinabung, mau pun letusan Gunung Kelud, atau bencana yang lainnya.

2. Kontributor bergabung dengan group Jaringan Pena Ilma Nafia, (https://www.facebook.com/groups/jp.ilna/) dan me-like FP Jaringan Pena Ilma Nafia (https://www.facebook.com/JaringanPenaIlmaNafiaJPIN?ref=hl)

3. Kontributor ikut menyebarluaskan event ini dengan memosting info ini di catatan dan men-tag sebanyak-banyaknya sahabat yang menyukai dunia literasi, barangkali berkenan ikut gabung dengan event kepedulian ini.

4. Naskah puisi harus karya sendiri (asli, bukan jiplakan karya orang lain), tidak sedang diikutsertakan dalam event lain, serta tidak bertentangan dengan SARA serta tidak memuat unsur pornografi.

5. Kontributor dikenai kontribusi dana minimal Rp 100 ribu, dan akan mendapatkan 2 eks buku, bebas ongkos kirim. Uang kontribusi ditransfer ketika naskah puisi yang dikirim di-acc oleh Tim JPIN. Uang ditransfer ke rekening Bank BRI unit Kras Kediri, No Rek. 6277-01-019389-53-3 an. Ririn Rahayu Astuti Ningrum.

6. Kontributor yang mengirim dua puisi akan dipilih salah satu yang paling bagus, atau akan dimuat semuanya bila memang bagus.

7. Naskah puisi berikut biodata penulis dalam bentuk narasi, dikirim ke e-mail: penerbitanjpin@gmail.com di lampiran e-mail, dengan subjek e-mail Event Puisi Peduli Bencana JPIN 2014_Nama Penulis

8. DL 28 Februari 2014 atau sewaktu-waktu ditutup bila dipandang sudah memenuhi target satu buku. Dan bila memungkinkan, akan dibuka event ke-2.

9. Seluruh keuntungan dari hasil event ini seutuhnya akan disalurkan untuk korban bencana.

10. Kami juga membuka seluas-luasnya bagi perorangan maupun lembaga usaha yang ingin membantu event ini dengan menjadi sponsor.

Demikian, event ini kami adakan sebagai upaya membangkitkan kepedulian terhadap bencana demi bencana yang melanda negeri ini. Kami menunggu partisipasi teman-teman semua. Selamat berkarya, kami tunggu karya Anda! Semoga setitik aksi ini bisa menjadi saksi dan amal shalih yang akan ikut memberati amal kebaikan kita kelak di yaumil hisab (Hari Perhitungan). Aamiin.

 

PJ Program:

Nimas Kinanthi (koordinator)

Anggota: Hairun Nisa, Titi Haryati Abbas, dan Andalusiana Cordoba

This entry was posted in Event. Bookmark the permalink.

Leave a comment