JPIN Grobogan Launching TBM Rumah Sebaya Darul Hikmah

Muhamad Adib menunjukkan buku karyanya Memoar Damhari yang dilaunching. (dok. JPIN Pusat)

Muhamad Adib menunjukkan buku karyanya Memoar Damhari yang dilaunching. (dok. JPIN Pusat)

Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN) Cabang Grobogan, Jawa Tengah, pada Sabtu malam (23/11/2013) selepas isya’, mengadakan acara launching Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Sebaya “Darul Himah” yang beralamat di Jl. KH. Hasan Anwar RT 05 RW 12 Gubug, Kabupaten Grobogan. Launching TBM sekaligus dirangkai dengan  launching buku berjudul Memoar Damhari, Memungut Serpihan Hikmah Kehidupan yang Tercecer karya Muhamad Adib yang menjabat Ketua JPIN Cabang Grobogan.

Acara launching dikemas dalam acara sarasehan dan pengajian tahun baru hijriyah 1435 H bertema “Memaknai Hijrah untuk Perubahan yang Lebih Baik” dengan pembicara Ketua Umum JPIN Pusat, Badiatul Muchlisin Asti.

Badiatul Muchlisin Asti dalam ceramahnya menyatakan, inti hijrah adalah perubahan. Perubahan menuju tata kehidupan masyarakat yang lebih baik. Proses perubahan dimulai dari individu, karena hakikatnya sebuah masyarakat adalah akumulasi dari indiividu. “Jangan pernah berpikir merubah masyarakat sebelum merubah diri sendiri,” tutur penulis yang juga pimpinan sebuah penerbitan itu.

Agus Winarno, pengurus Divisi Publikasi Media JPIN Grobogan sedang membacakan puisi (dok. JPIN Pusat)

Agus Winarno, pengurus Divisi Publikasi Media JPIN Grobogan sedang membacakan puisi (dok. JPIN Pusat)

Badiatul Muchlisin Asti juga menyampaikan pentingnya tradisi membaca dalam kehidupan. Menurutnya, membaca adalah gerbang ilmu pengetahuan. Tradisi membaca akan mengantarkan seseorang pada keluasan ilmu dan cakrawala berpikir. “Dan kedua hal itu menjadi kunci penting menuju perubahan yang lebih baik, baik dalam skala individu maupun skala masyarakat dan bangsa,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua JPIN Cabang Grobogan Muhamad Adib menyatakan, Rumah Sebaya adalah salah satu program JPIN Pusat. Sebaya adalah akronim dari Sentra Baca dan Berkarya. Sehingga diharapkan, TBM Rumah Sebaya tidak hanya berfungsi sebagai penyedia pustaka, tapi juga memfasilitasi dan mendorong anggotanya untuk berkarya setelah membaca. Berkarya dalam bentuk apapun, asal bermanfaat bagi perubahan diri maupun perubahan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik.

“Dalam waktu dekat, TBM Rumah Sebaya Darul Hikmah akan mengadakan pelatihan budidaya ikan lele bagi pemuda sekitar,” tutur Muhamad Adib.

Acara launching dimeriahkan dengan pembacaan puisi religi oleh Agus Winarno yang juga salah seorang pengurus JPIN Grobogan dan lantunan shalawatan dari Group Rebana “Al-Basyair” Gubug.* (redjpin)

 

 

This entry was posted in Info JPIN Daerah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s