Bincang Kepenulisan JPIN: Kupas Rahasia Sukses Menulis dan Menerbitkan Buku

Ketua JPIN Pusat Badiatul Muchlisin Asti (kiri) saat menyampaikan materi. (Foto: dok. Penerbit Oase Qalbu)

Ketua JPIN Pusat Badiatul Muchlisin Asti (kiri) saat menyampaikan materi. (Foto: dok. Penerbit Oase Qalbu)

Dalam rangka launching buku kumpulan kisah nyata (true story) “Hati yang Memilih”, Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN) Cabang Grobogan mengadakan acara Bincang Kepenulisan bertema “Kupas Tuntas A – Z Menulis dan Menerbitkan Buku” pada Minggu (17/3/2013), bertempat di kantor penerbit Oase Qalbu di Godong Candi No. 62 Godong, Grobogan, Jawa Tengah. Acara berlangsung lesehan, santai namun asyik. Sebelum bincang kepenulisan dimulai, peserta mendapat hiburan dari Tim Nasyid Asyifa dari Purwodadi, yang membawakan beberapa senandung nasyid diiringi petikan gitar.

Ketua JPIN Cabang Grobogan Muhammad Adib, S.Pd.I. menyatakan, bincang kepenulisan diadakan bertujuan untuk memotivasi dan membekali peserta untuk berkarya dalam bentuk buku, dengan mengupas tuntas rahasia sukses menulis buku, dari awal sampai akhir, yakni mulai dari menemukan ide menulis, menyusun outline, riset bahan, step by step menulis buku, hingga menerbitkan buku. Sehingga seusai mengikuti acara bincang kepenulisan tersebut, peserta memiliki gambaran yang baik bagaimana cara menulis dan menerbitkan buku.

Ketua Umum JPIN Pusat Badiatul Muchlisin Asti sebagai narasumber menyatakan, di tengah menjamurnya penerbit buku, peluang menulis buku menjadi semakin besar. Banyak penerbit yang membutuhkan naskah-naskah untuk diterbitkan menjadi buku. Di sisi lain, perkembangan teknologi mesin cetak (printing) yang pesat, menjadikan seseorang bisa menerbitkan buku secara mandiri atau yang lebih dikenal dengan self publishing.

Sebagian peserta berpose bersama narasumber sebelum pulang. (Foto: dok. Penerbit Oase Qalbu)

Sebagian peserta berpose bersama narasumber sebelum pulang. (Foto: dok. Penerbit Oase Qalbu)

“Bahkan saat ini juga banyak lembaga yang menawarkan jasa self publishing yang melayani seluruh atau sebagian dari tahapan penerbitan sebuah buku, mulai dari editing, layout, desain cover, pengurusan ISBN (International Standard Book Number), hingga pencetakannya, bahkan pendistribusiannya ke toko-toko buku besar seperti Gramedia dan Togamas,” tutur Ketua Umum JPIN Pusat itu.

Lebih lanjut penulis lebih dari 50 buku itu menyatakan, banyak manfaat yang diperoleh dari menulis dan menerbitkan buku, di antaranya kepuasan batin karena bisa berbagi inspirasi dan pengetahuan kepada khalayak, keuntungan psikologis karena dengan menulis buku seseorang bisa meningkatkan kepercayaan diri, juga branding dirinya dalam sebuah bidang, serta bisa mendapatkan keuntungan finansial karena dengan menulis buku seseorang bisa mendaratkan royalti dan keuntungan  materi dari penjualan bukunya tersebut.

Semakin Bersemangat

Bincang kepenulisan yang berlangsung santai, menggoreskan kesan di hati para peserta. Halimah, salah seornag peserta menyatakan, ia semakin bertambah semangat setelah mengikuti bincang kepenulisan ini. “Sepulang dari sini saya akan istiqamah untuk lebih banyak membaca lagi agar tulisan saya lebih hidup,” tutur Halimah yang masih bersatus pelajar.

Peserta lainnya, Mulyoto, S.Pd menyatakan, dengan mengikuti bincang kepenulisan ini, ia jadi mengetahui alur cara menulis buku. “Dari awal (tidak tahu bagaimana) sampai akhir (mengirimkan naskah) agar diterbitkan,” tutur Mulyoto yang sehari-hari berprofesi sebagai guru.

“Saya kira apa yang disampaikan Pak Asti tadi sudah cukup komplit. Kita jadi tidak lagi buta alias semakin tahu seluk beluk dunia penulisan dan penerbitan buku,” tutur Ketua JPIN Grobogan Muhammad Adib, sembari menutup acara bincang kepenulisan.*

This entry was posted in Info JPIN Daerah, Info JPIN Pusat. Bookmark the permalink.

One Response to Bincang Kepenulisan JPIN: Kupas Rahasia Sukses Menulis dan Menerbitkan Buku

  1. Halimah says:

    aku paling tinggi….. (antonim)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s