Cara Gampang Mengetahui Jumlah Karakter Tulisan di MS Word 2007

Dalam menulis sebuah artikel atau naskah, seorang penulis seringkali harus bisa mengolah tulisannya sedemikian rupa dalam batas tertentu menyesuaikan space di koran atau majalah yang dituju. Biasanya, pihak redaksi sebuah koran atau majalah menggunakan jumlah karakter/huruf untuk membatasi panjang sebuah tulisan agar sesuai dengan space yang ada.

Makanya, kita lazim membaca pengumuman dari redaksi seperti ini, “Kirimkan cerpen atau esai sastra Anda. Panjang tulisan maksimal 10.000 karakter with space untuk cerpen dan 5.000 karakter with space untuk esai ..bla bla bla…”. Atau dalam event lomba menulis juga sering mensyaratkan batasan tulisan dengan mengacu kepada jumlah karakter.

Banyak penulis (terutama pemula) yang bertanya-tanya, bagaimana mengetahui jumlah karakter sebuah tulisan? Ada pula yang bertanya seperti ini, “Kira-kira berapa halaman sih 5.000 ribu karakter itu?” Hehehe…

Sahabat sekalian. Mengetahui jumlah persis karakter sebuah tulisan tidak bisa dikira-kira dengan jumlah halaman, karena itu tergantung berapa spasi dan font tulisan yang digunakan. Kalau dihitung manual, rasanya akan cape’ deh…Lalu bagaimana dong caranya? Berikut ini cara gampangnya:

Dalam Microsoft Word (MS Word) telah tersedia fasilitas atau fitur untuk menghitung jumlah kata, jumlah huruf/karakter, jumlah paragraf, dan jumlah baris. Fitur tersebut adalah Word Count. Dengan fitur tersebut, semua data tentang jumlah kata dan seterusnya itu akan kamu dapatkan secara cepat dan akurat, bahkan ada pilihan karakter dihitung dengan yang menggunakan spasi (Characters with space) atau yang tidak menggunakan spasi (Characters no space).

Kamu pun dapat menghitung kata atau huruf sesuai dengan kata atau kalimat tertentu saja di mana kalimat tersebut harus kamu blok atau kamu seleksi terlebih dahulu. Jika tidak ada yang diblok, berarti seluruh kalimat akan dihitung. Untuk memunculkan fasilitas Word Count di MS Word 2007, silahkan ikuti dua langkah berikut:

  1. Buka ribbon Review kemudian pada group menu proofing klik Word Count.

2. Maka jendela Word Count akan muncul dengan rincian jumlah yang diperlukan.

Mudah bukan, selamat berkarya!* (Admin JPIN, dari berbagai sumber).

This entry was posted in Tips Menulis. Bookmark the permalink.

11 Responses to Cara Gampang Mengetahui Jumlah Karakter Tulisan di MS Word 2007

  1. Mntp ilmunya. Trmksh admin🙂

  2. hendik says:

    thanks gan infonya!

  3. herry73 says:

    terima kasih ilmunya yaa🙂

  4. ibrahim008 says:

    thx ya semoga ilmunya mendapat ganjaran di sisiNYA…Amiin

  5. wawah says:

    makasi bangettt

  6. wah ternyata gampang ya, makasi ya mbak

  7. muhd akbar says:

    mudah, terima kasih.

  8. wah terimakasih banyak ya, saya jadi tau jumlah karakter pada artikel yang ingin dilombakan hehe😀 makasih sudah share

  9. theo says:

    terimakasiiihh min
    sangaaaaaaat membantuuuuuu

  10. Terima kasih. Sangat membantu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s