Panduan Program Bank Naskah JPIN (BNJ)

BNJ, Lumbung Naskahnya Anggota JPIN

Sumber ilustrasi: internet

Salah satu program JPIN adalah program BANK NASKAH JPIN atau disingkat (BNJ). Di BNJ, anggota JPIN bisa mengirimkan naskahnya, baik naskah yang sudah dimuat media atau pun yang belum. Naskah yang sudah dimuat media, akan dipergunakan untuk mengukur tingkat produktifitas dan kredibilitas karya anggota, karena JPIN juga punya program “JPIN Award”.

Naskah yang sudah dimuat di media itu, yang artinya sudah melalui seleksi di redaksi, akan berpotensi untuk diterbitkan oleh JPIN menjadi buku antologi karya pilihan anggota JPIN (misalnya antologi cerpen pilihan, antologi puisi pilihan, antologi novelet, dlsb), yang akan diterbitkan secara berkala sebagai dokumentasi karya JPIN.

Adapun untuk naskah yang belum pernah dimuat media atau sudah pernah dikirim ke media, namun tidak dimuat, juga bisa dikirim ke BNJ untuk dibantu editing dan fasilitasi pengiriman ke media.

Nah, anggota resmi JPIN bisa segera meramaikan BANK NASKAH JPIN, caranya adalah sebagai berikut, mohon disimak baik-baik:

1. Naskah yang sudah dimuat di media (baik fiksi maupun non fiksi), silahkan dikirim ke BNJ ke email: redaksi.ilmanafia@gmail.com, dg subjek BNJ_Sudah dimuat_Judul_Nama Penulis. Di bawah naskah disebutkan nama media yang memuat dan edisinya. Akan lebih baik bila dilengkapi dengan softcopy / scan tulisan yang dimuat.

2. Naskah yang belum pernah di kirim ke media mana pun (antara lain karena kurang pede atau bingung mau dikirim ke mana), silahkan kirim ke: redaksi.ilmanafia@gmail.com, dengan subjek BNJ_Belum Kirim_Judul_Nama Penulis. Naskah yang berpotensi bisa dikirim ke media, antara lain: puisi, cerpen, novelet, resensi buku, artikel keagamaan, dan sebagainya (insyaallah akan ada informasi lebih lanjut). Khusus untuk puisi, sekali pengiriman minimal 5 buah puisi dalam 1 file.

3. Naskah yang sudah pernah dikirim ke media namun tidak dimuat, bisa dikirim ke email: redaksi.ilmanafia@gmail.com, dengan subjek BNJ_Tak Dimuat_Judul_Penulis. Untuk naskah yang jenis ini, mohon di bawah tulisan dicantumkan ke media mana saja tulisan ini sudah dikirim.

Aturan main:
1. Dilarang mengirim naskah hasil plagiat (menjiplak karya orang lain). Anggota JPIN harus menjunjung tinggi profesionalisme dan kode etik kepenulisan secara umum, antara lain tidak melakukan plagiarisme.
2. Bagi naskah yang bisa dimuat dengan fasilitasi dari JPIN, bila ada honor pemuatan, dimohon untuk bisa menyisihkannya untuk KAS JPIN sebagai biaya operasional.
3. Setiap pengiriman naskah ke BNJ, mohon dilengkapi dengan data diri lengkap dan nomor rekening.
4. Naskah akan dikirim ke media yang bisa dipantau pemuatannya oleh Tim JPIN.
5. BNJ juga menerima naskah buku, baik fiksi (novel, dll) maupun non-fiksi.

Demikian info tentang program BNJ, semoga bisa semakin memotivasi anggota-anggota JPIN untuk terus berkarya! Naskah yang kami nilai belum layak terbit, akan mendapatkan sekilas catatan atau review dari Tim JPIN untuk menjadi bahan evaluasi dan koreksi bagi penulis bersangkutan.

Ditunggu karyanya, salam kreatif, salam sukses!*

This entry was posted in Info JPIN Pusat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s