Event Antologi “JEJAK PENA”, Khusus Anggota Resmi JPIN, Deadline: 15 September 2012

sumber ilustrasi: http://2.bp.blogspot.com

Menulis adalah mengabadikan kehidupan. Informasi, ide, gagasan, pengalaman, kenangan, dan sebagainya yang dituangkan dalam tulisan, kemudian didokumentasikan dalam sebuah karya seperti buku, akan mennjadi abadi, dan akan terus dikenang sepanjang zaman. Banyak tokoh, bahkan orang biasa,  yang gagasan dan hikmah kehidupannya terpancar abadi menembus zaman, karena diabadikan dalam tulisan. Sebaliknya, banyak tokoh besar yang gagasan dan pemikirannya hilang tergerus zaman karena tidak dibukukan.

Menulis sendiri merupakan “aktivitas intelektual” yang mengasyikkan. Pada perkembangannya, menulis tidak hanya kerja mengabadikan kehidupan agar terus abadi menembus zaman, tapi juga profesi yang menjanjikan, baik prestise dan gelimang uang (cie cie cie…).

Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN)  sebagai sebuah wadah penulis di Indonesia merasa perlu untuk mengabadikan kisah-kisah seru, indah, dan mengasyikkan seputar pengalaman menggeluti dunia kepenulisan. Karena itu, JPIN mengundang kepada seluruh anggota resmi JPIN, baik yang sudah senior di dunia kepenulisan maupun yang masih pemula, bahkan yang sama sekali belum pernah menulis alias baru akan  mulai menulis setelah bergabung dengan JPIN, untuk menuangkan kisah kepenulisannya yang paling berkesan, dalam sebuah tulisan yang ringan namun menginspirasi.

Kisah-kisah itu nantinya akan JPIN bukukan dalam sebuah buku antologi berjudul  JEJAK PENA (Antologi Kisah Kepenulisan JPIN).

Ketentuannya :

  • Event ini HANYA diperuntukkan bagi ANGGOTA resmi JPIN (yang sudah teregistrasi).
  • Naskah ditulis dalam bentuk esai atau kisah true story, dengan bahasa yang ringan dan renyah, sehingga enak dibaca nantinya.
  • Pilihan tema, meliputi:

*IMPIAN KEPENULISANKU

Di tema ini kamu bisa berbagi tentang visi kepenulisanmu. Kenapa kamu ingin jadi penulis? Apa yang memotivasimu sehingga kamu ingin menjadi seorang penulis? Dan sebagainya. Jabarkanlah dalam sebuah artikel atau esai ringan yang inspiratif.

*YANG MENGINSPIRASIKU

Kenapa akhirnya kamu memutuskan untuk ingin menekuni dunia kepenulisan? Siapakah orang yang menginspirasi dan memotivasimu? Bagaimana itu bisa terjadi? Ceritakanlah! Siapa tahu bisa menginspirasi sahabat-sahabat yang lain.

*TULISAN PERTAMAKU

Tulisan pertama, dalam hal ini yang berhasil diterbitkan (dimuat di koran atau diterbitkan menjadi buku) seringkali menjadi tonggak yang melecut seseorang untuk menjadi seorang penulis. Ia menjadi saat-saat yang membahagiakan karena akhirnya buah karyanya bisa dinikmati oleh orang banyak. Kenang kembali momentum itu, dan ceritakanlah dalam sebuah kisah yang inspiratif. Yuk!

 *ASYIKNYA MENULIS

Ternyata ketika seseorang telah menjadi seorang penulis dengan produktivitas karya, akan banyak hal-hal tak terduga yang mengasyikkan yang akan dialami. Semisal menjadi bak selebriti karena banyak yang minta tanda tangan; diundang kemana-mana, bahkan sampai ke luar negeri; menjadi terkenal atau populer; bisa mendapatkan penghasilan yang besar (honor dan royali); bisa mendapat sahabat-sahabat baru yang menginspirasi; dan sebagainya. Ceritakan keasyikan-keasyikan yang pernah dialami yang paling berkesan itu dalam sebuah tulisan ringan yang menginspirasi.

  • Naskah ditulis dalam kertas A4, font Times New Roman 12, 1,5  spasi, dengan panjang naskah antara 4000 s/d 6000 karakter dengan spasi (characters with spaces).
  • Sertakan biodata dalam bentuk narasi di akhir naskah (bukan dalam file terpisah).
  • Setiap penulis boleh mengirimkan lebih dari 1 naskah, maksimal 4 naskah (setiap tema 1 naskah) dan dikirim terpisah.
  • Kirim ke email: redaksi.ilmanafia@gmail.com dalam lampiran (attach file) dengan subjek JEJAK PENA_TEMA YANG DIPILIH_JUDUL TULISAN_NAMA PENULIS.
  • DL atau batas akhir pengiriman naskah pada tanggal 15 September 2012.
  • Tulisan yang terkumpul akan dibukukan secara PoD (print on demand) dalam sebuah buku Antologi berjudul JEJAK PENA (Antologi Kisah Kepenulisan JPIN). Bagi anggota JPIN yang menghendaki buku itu nantinya, bisa membeli dengan diskon khusus.
  • Semua penulis (kontributor) akan mendapatkan SERTIFIKAT.
  • Lima penulis yang naskahnya terpilih dan dinilai paling inspiratif akan mendapatkan buku yang diterbitkan.

Ditunggu kisah serunya ya…

Selamat berkarya!

Ketua Umum Pusat JPIN

Badiatul Muchlisin Asti

This entry was posted in Event. Bookmark the permalink.

4 Responses to Event Antologi “JEJAK PENA”, Khusus Anggota Resmi JPIN, Deadline: 15 September 2012

  1. Roni Yusron says:

    Sudah saya share sebelumnya di blog saya…😛

  2. rina says:

    kalo mau jdi anggota resmi gmana ya..?pngen ikutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s