Kepengurusan JPIN Cabang Grobogan Terbentuk

Suasana Silaturahim dan Buka Persama ke-1 rencana pembentukan pengurus JPIN cabang Grobogan di sekretariat pusat JPIN di Godong Candi 62, Godong, Grobogan, Jawa Tengah. (foto: dok: JPIN)

Gempita literasi dan geliat gairah berkarya melalui pena yang menyala di jiwa segenap elemen generasi bangsa musti diapresiasi dan didinamisasi, agar mampu membuncahkan karya-karya cemerlang yang akan ikut mengokohkan sendi-sendi peradaban bangsa. Dengan spirit itulah, diinisiasi lahirnya sebuah wadah atau komunitas penulis Indonesia bernama Jaringan Pena Ilma Nafia atau disingkat JPIN.
Jaringan Pena Ilma Nafia (JPIN) adalah alternatif wadah silaturahmi bagi para penulis dan calon penulis dari seluruh penjuru nusantara yang ingin mengokohkan eksistensi dan meningkatkan produktivitas serta profesionalitasnya di bidang penulisan.
Awalnya, JPIN eksis di dunia maya, terutama di jejaring sosial facebook. Kemudian dengan pertimbangan ingin lebih meningkatkan partisipasinya dalam pengembangan dunia literasi tanah air, akhirnya digagas perlunya JPIN bermetamorfosis menjadi wadah pemberdayaan penulis di dunia nyata yang berskala nasional.
Salah satu pengurus cabangnya telah terbentuk, yakni Pengurus Cabang JPIN Kabupaten Grobogan. Pembentukannya dilakukan dalam acara silaturahim dan buka bersama ke-2 yang digelar hari Jum’at lalu (27/7/2012) di sekretariat Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Jl. Muh. Kurdi No. 34, Godong, Grobogan.

Dilengkapi 3 Divisi
Pengurus Cabang JPIN Kabupaten Grobogan periode pertama terpilih, meliputi: Muhammad Adib (ketua), Mukadlotul Choerozak (sekretaris), dan Intan Permataningtyas (bendahara). Kepengurusan dilengkapi 3 divisi, yakni Divisi Jurnalistik dan Penulisan Kreatif, Divisi Penerbitan dan Publikasi Media, dan Divisi Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM), yang masing-masing dikoordinatori oleh Eko Budi Siswanto, Agus Winarno, dan Teguh Wijayanto.

Suasana Silaturahim dan Buka Bersama ke-2 Pembentukan pengurus JPIN cabang Grobogan di sekretariat Yayasan Mutiara Ilma Nafia, Jl. Muh. Kurdi no 34 Bugel, Godong, pada Jum’at, 27 Juli 2012. (Foto: dok. JPIN)

Ketua Umum Pusat JPIN Badiatul Muchlisin Asti yang ikut hadir di acara itu menyatakan, bahwa sesuai visi dan misi JPIN sebagai wadah pengembangan literasi dan pemberdayaan penulis, JPIN memiliki support program meliputi: Journalistic Support, Creative Writing Support, TBM Support, dan Publishing Support.
Menurut Badiatul, pengurus cabang Grobogan merupakan kepengurusan cabang pertama yang terbentuk. Selanjutnya akan disusul cabang-cabang lainnya di berbagai daerah. “Saat ini anggota resmi JPIN sudah tersebar di berbagai daerah di Jawa maupun luar Jawa seperti Aceh Besar (Aceh), Medan (Sumatra Utara), Pekanbaru, Dumai (Riau), Pontianak (Kalimantan Barat), Sinjai (Sulawesi Selatan), dan lain sebagainya,” tegasnya.
Pihaknya berharap, JPIN bisa menjadi wadah alternatif yang menampung siapa pun, terutama generasi muda Indonesia, yang ingin meningkatkan produktivitas berkarya dan yang ingin berpartisipasi dalam pengembangan dunia literasi di tanah air.*

This entry was posted in Info JPIN Daerah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s